Tips

5 Perencanaan Kampanye Media Sosial

Sebelum membahas tentang kampanye media sosial ada baiknya kita menyamakan persepsi terlebih dahulu tentang apa itu makna dari kampanye, agar kita bisa memahami tulisan ini dalam sudut yang sama. 

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) kampanye diartikan sebagai gerakan atau tindakan yang dilakukan secara serentak sebagai bentuk perlawanan, aksi, ajakan ataupun himbauan lainnya.

Jadi, makna kampanye yang kita bahas bukan hanya makna seperti kampanye calon bupati, calon gubernur ataupun presiden. Tapi lebih bersifat umum sesuai dengan makna dari kata tersebut.

Adapun kampanye di media sosial berarti gerakan atau tindakan yang kita lakukan di media sosial, biasanya dilakukan dengan tujuan tertentu, baik itu bertujuan untuk ajakan, perlawanan himbauan ataupun perdagangan.

Ada 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat perencanaan kampanye di media sosial. Berikut ini adalah ulasan singkatnya yang kami rangkum dari beberapa sumber terpercaya, antara lain yakni : 

Apa Saja Perencanaan Kampanye Media Sosial?

  • Memilih Platform Medsos

Media sosial itu banyak jenisnya, ada facebook, instagram, twitter ataupun media sosial video seperti misalnya youtube. Anda harus memilih kampanye anda akan dilakukan di media mana saja. Sesuaikan dengan tujuan dan karakteristik target yang anda incar. 

Jika anda memilih instagram, pastikan bahwa audiens anda memang menggunakan instagram. Jangan sampai target anda mayoritas menggunakan facebook namun anda menggunakan IG hanya untuk terlihat keren dan kekinian.

Hal tersebut nantinya bisa berdampak pada hasilkampanye di media sosial  yang andarencanakan sebelumnya.

  • Memilih Jenis Natural atau Berbayar

Mungkin anda asing dengan istilah fb ads, ig ads, youtube ads ataupun media periklanan lainnya. Namun, yang jelas apa yang disebutkan tadi adalah bagian dari pemasaran digital yang dapat membantu anda menjalankan sebuah kampanye.

Dalam menggunakan media sosial ada langkah langkah tertentu yang memungkinkan kampanye anda bisa berjalan secara sukses. Trik trik tersebut biasa dijalankan oleh para digital marketer spesialis sosmed, bentuknya ada yang bersifat natural ataupun berbayar. Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan anda.

  • Tujuan yang Diinginkan

Anda harus mendefinisikan tujuan apa yang ingin dicapai dari kampanye yang anda buat. Misalnya jika anda membuat kampanye “Bike to Work” atau bersepeda ke kantor di media sosial, anda harus mempunyai tujuan yang jelas.

Apakah hanya sekedar ingin menyampaikan pesan bahwa bersepeda ke kantor itu sehat dan mengurangi polusi udara atau misalnya anda ingin mengumpulkan orang-orang dalam satu wadah tertentu agar gerakan ini bisa berjalan secara masif.Tujuan tersebut nantinya akan berkorelasi dengan isi poster kampanye di media sosial. 

  • Proses Membaca Data

Jika berkampanye menggunakan media sosial, dalam rentan waktu tertentu anda akan mendapatkan data valid dari misalnya berapa orang yang menyukai kampanye anda, berapa orang yang komentar, berapa yang melihat, berapa yang membagikan dan lain sebagainya.

Nantinya data tersebut dapat anda jadikan sebagai bahan evaluasi untuk menentukan keputusan lebih lanjut terhadap kampanye yang dijalankan.

  • Evaluasi

Lakukan evaluasi terhadap setiap kampanye yang berjalan, jika anda menggunakan periklanan anda harus mengetahui apakah hasil kampanye yang dijalankan sudah sesuai dengan dana yang dikeluarkan. Lakukan ini secara berkala agar hasil kampanye bisa terukur dan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kampanye sosial media memiliki manfaat diantaranya adalah untuk menyampaikan gagasan, ajakan atau tindakan. Dengan menggunakan media sosial diharapkan kampanye dapat berjalan secara efektif dan dapat menjangkau orang secara luas.

Sementara untuk menyelenggarakan kampanye dibutuhkan sebuah poster sebagai pelangkap. Anda dapat memilih poster ini di rajaframe.com yang merupakan situs terbaik dalam memilih poster untuk kampanye. Juga menyediakan frame poster secara gratis.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *