Gaya

Arsitek Terpopuler di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Arsitek adalah seseorang yang merancang bentuk serta fungsionalitas dari sebuah bangunan. Tugas arsitek tidak mudah karena ia harus memiliki berbagai keilmuan di dalamnya, diantaranya adalah ilmu desain, analisis dan lain sebagainya.

Di Indonesia, banyak sekali arsitek yang cukup dikenal, salah satunya adalah Ridwan Kamil yang menjadi arsitek terpopuler di Indonesia saat ini. Selain beliau, siapa saja sih kira kira arsitek populer Indonesia lainnya.

Arsitek Terpopuler di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa nama Arsitek Indonesia yang cukup terkenal dan banyak berkontribusi pada pembangunan negara. Diantaranya adalah:

Friedrich Silaban

Anda pasti tahu bangunan Masjid Istiqlal, bangunan masjid megah yang menjadi salah satu ikon di Indonesia tersebut memiliki bangunan luas dan bisa menampung puluhan ribu jamaah.

Namun, apakah anda tahu, siapa yang mendesain bangunan masjid tersebut? Ya, jawabannya adalah Friedrich Silaban, ia adalah salah satu arsitek generasi awal di negara Indonesia.

Silaban telah terkenal dengan berbagai karyanya, rancangannya terhadap bangunan masjid Istiqlal telah membawanya untuk mendapatkan Bintang Jasa utama dari Pemerintah Indonesia.

Bukan hanya Masjid Istiqlal saja, bangunan ikonik lain di Indonesia seperti misalnya Monas dan Stadion Gelora Bung Karno adalah karya beliau dalam bidang arsitek. F Silaban adalah bagian dari sejarah Indonesia, karyanya bisa dinikmati sampai sekarang dan mungkin ribuan tahun yang akan datang.

Han Awal

Satu lagi arsitek terpopuler Indonesia yang banyak dikenal, ia bernama Han Hoo Tjwan atau biasa dikenal dengan sebutan Han Awal.

Banyak prestasi yang telah dibuat oleh Han Awal di masa mudanya, seperti misalnya penghargaan dari UNESCO untuk karya desain nya di bangunan Gedung Museum Arsip Nasional.

Adapun, salah satu bangunan terkenal yang berhasil Han Awal desain di tahun 1960 an adalah Gedung Conefo. Gedung ini terletak di Senayan.

Dahulu, Soekarno berniat membuat gedung Conefo dan kawasannya sebagai tempat negera negara berkembang berkumpul untuk membentuk kekuatan baru menandingi 2 blok besar yang dulu berkuasa. Yakni Blok Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Namun, dalam perjalananya gedung Conefo tidak sempat digunakan dan dibubarkan oleh pemerintahan Presiden Soeharto. Kemudian, gedung ini pun dialih fungsikan untuk kegiatan kegiatan pemerintahan Indonesia.

Anda tidak akan menemukan gedung bernama Conefo di Senayan, karena gedung tersebut telah berubah nama menjadi Gedung MPR/DPR. Han Awal turut serta dan menjadi salah satu orang yang berkontribusi terhadap pembangunan gedung tersebut.

Ridwan Kamil

Sebelum dikenal sebagai politikus dan Gubernur Jawa Barat. Masyarakat Indonesia mengenal Ridwan kamil sebagai seorang arsitek yang memiliki beragam prestasi.

Beberapa karya telah dia buat, baik itu karya yang digunakan di dalam negeri, seperti misalnya Museum Tsunami Aceh ataupun karya arsitek yang digunakan di luar negeri, seperti misalnya Marina Bay Waterfront Masterplan di Singapura.

Ridwan kalim adalah salah satu arsitek terpopuler di Indonesia. Pria yang kerap disapa RK ini beberapa kali juga membuat desain bangunan Masjid, salah satunya adalah Masjid Al Irsyad yang ada di kota baru Parahyangan, Bandung Barat.

Adapun, saat ini Ridwan Kamil lebih aktif dalam dunia perpolitikan, ia digadang gadang akan memangku jabatan penting di Indonesia di masa depan.

Sebetulnya masih banyak arsitek arsitek lain yang terkenal di Indonesia. Hanya saja pada kesempatan ini kami hanya membahas 3 nama arsitek saja. Jika anda mengetahui siapa saja arsitek yang pantas menyandang gelar Arsitek Terbaik di Indonesia, kami tunggu komentarnya ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *