Otomotif

Cara Merawat Mobil yang Jarang dipakai

Beberapa orang mungkin memiliki mobil yang tidak terlalu sering dipakai atau hanya dipakai saat keadaan tertentu. Sehingga mobil tersebut hanya disimpan di garasi. Namun, mobil yang jarang dipakai juga perlu dirawat sama seperti mobil sehari-hari. Ini karena bagian-bagian pada mobil juga akan menurun fungsinya walau jarang dipakai. Ini dia cara merawat mobil yang jarang dipakai.

 

Bersihkan Mobil

Hal utama yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil jarang dipakai adalah dengan membersihkan mobil baik bagian dalam maupun luarnya. Gunanya, untuk menjaga mobil dari serangga dan tikus yang berkemungkinan merusak spare-part mobil karena kekotoran yang menarik perhatian mereka. Debu-debu juga mampu membuat mobil berkarat, sehingga komponen mesin mobil bisa terkena kerusakan akibat mobil jarang dibersihkan.

 

Nyalakan / Panaskan Mobil

Memanaskan atau Menyalakan mobil jarang dipakai secara berkala memiliki banyak manfaat yang baik. Ketika mobil dinyalakan dan Anda membiarkan mobil tersebut menyala selama beberapa waktu, terjadi sirkulasi di dalam mesin mobil sehingga menjaga cairan-cairan menggumpal di dalam mesin. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar alternator bekerja optimal dalam pengisian aki sehingga komponen kelistrikan tidak tekor.

 

Tetap Lakukan Servis Mobil Sesuai Jadwal

Menaati kewajiban melakukan servis pada mobil jarang dipakai tentunya menjadi salah satu cara penting untuk menjaga mobil tetap dalam performa yang menawan. Saat melakukan service rutin pada mobil-mobil yang kurang sering digunakan, sebaiknya meminta pihak bengkel untuk mengecek tekanan pada ban dan bagian bawah mobil dari kerusakan yang terjadi akibat jarang dipakai.

 

Periksa Bagian Mesin

Ketika mobil sudah cukup lama tidak digunakan, sebelum dipakai berkendara sebaiknya Anda memeriksa mesin mobil Anda. Dimulai dari kondisi oli, air radiator, ruang mesin, dan kondisi aki. Ini adalah komponen-komponen penting yang perlu dicek secara berkala dan rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *