Parenting

Cara Mudah Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari

Mungkin Ibu bingung juga khawatir saat bayi rewel malam hari. Namun tenang saja, kondisi seperti ini sebenarnya wajar dialami bayi berusia 0-6 bulan. Namun, jika bayi rewel di malam hari serta tanda kesakitan, sebaiknya Anda langsung membawa si kecil ke dokter untuk dicek apakah ada infeksi atau gangguan penyakit tertentu di bagian tubuhnya.

Sebaliknya, jika bayi rewel di malam hari tidak disertai tanda kesakitan, Anda harus tetap sabar untuk menenangkan agar ia mau berhenti menangis. Karena, bayi bisa menangis kapan saja, baik di pagi hari, siang hari, sore hari, atau malam hari. Untuk mengatasinya berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari?

Saat bayi rewel di malam hari, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan tangisannya, antara lain:

  • Gendong bayi

Salah satu cara yang paling sering dilakukan setiap Ibu ketika menghadapi bayi rewel di malam hari ialah dengan menggendong dan mengayunkan tubuh si kecil supaya merasa lebih tenang. Anda juga bisa meminta bantuan suami untuk menggendong si Kecil jika tangisannya tidak kunjung berhenti.

  • Beri pijatan lembut

Sentuhan Ibu pada kulit bayi biasanya akan memberikan ketenangan dan rasa nyaman. Berikan pijatan di bagian perut juga punggung agar bayi merasa lebih rileks. Metode ini juga bisa Anda lakukan dengan rutin sebelum si kecil tidur supaya ia bisa tidur lebih nyenyak dan nyaman.

  • Pastikan kondisi nyaman

Ruangan yang nyaman, tenang, cahaya redup, serta suhu sejuk dapat mengurangi kemungkinan bayi rewel di malam hari. Dengan kondisi yang nyaman, si Kecil juga akan merasa tenang dan tidurnya bisa lebih pulas dan berkualitas.

·         Ganti popok dan pakaian yang nyaman

Seperti yang kita ketahui, bayi rewel di malam hari bisa disebabkan oleh popok basah atau pakaian yang tidak nyaman. Perlu diketahui popok basah ini bisa menyebabkan iritasi pantat bayi.

Jika Anda ingin si Kecil tidur lebih nyaman dan pulas, cobalah berikan pakaian yang nyaman sebelum tidur. Pastikan juga untuk mengecek popok sebelum si Kecil tidur supaya bisa mengantisipasi kapan popok perlu diganti.

  • Menyusui bayi secara rutin

Ketika bayi rewel, berikanlah ASI sesuai keinginannya. Jangan sampai membatasi pemberian ASI sebab itu hanya akan membuatnya semakin gelisah dan rewel. Saat menyusui juga bisa jadi waktu berkualitas untuk memberikan kenyamanan kepada si Kecil. Pemberian ASI memang sangat penting untuk bayi yang baru berusia 0-6 bulan.

·         Lakukan Kontak dengan Bayi

Cara untuk membantu bayi Anda merasa lebih aman serta terlindungi ialah dengan selalu berada di dekat si Kecil. Anda menggendongnya, mengayunkan supaya ia tertidur, atau memeluknya.

Selain itu, cobalah untuk memegang bayi pada lengan Anda. Letakkan tubuhnya di sisi kiri agar membantu pencernaan atau perut untuk menopang. Selanjutnya, gosok punggungnya dengan perlahan dan lembut. Jika bayi tidur, ingat untuk selalu membaringkannya di tempat tidurnya dalam posisi terlentang

  • Bedong Bayi

Bedong bisa meniru sensasi rahim sehingga akan membuat bayi lebih tenang saat ia dibalut erat dalam bedong. Anda bisa memakai selimut besar dan tipis untuk membuat bayi merasa nyaman.

Jangan membedongnya terlalu kuat dan ketat sebab hanya akan membuatnya merasa sesak. Cara ini efektif untuk mengatasi bayi rewel karena dingin karena akan memperoleh sensasi hangat seperti dipeluk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *