Kesehatan

Gaya Hidup Sehat untuk Remaja Agar Tetap Sehat Hingga Tua

Kesehatan merupakan harta yang sangat berharga untuk manusia. Pasti setiap orang menginginkan punya tubuh sehat terutama di saat usia tua sehingga bisa tetap aktif dan tidak bergantung pada orang lain. Memiliki tubuh sehat di usia tua harus diupayakan sedari dini yang bisa Anda mulai di usia remaja. Mengelola tubuh dengan baik sehingga semua bagian tubuh berada dalam kondisi prima sejak remaja akan menjadi bekal yang baik untuk kesehatan di masa tua. Sayangnya banyak anak remaja yang belum memahami sehingga mereka menggunakan tubuhnya secara sembarangan dengan asumsi masih muda dan sehat. Padahal dengan gaya hidup sehat sejak remaja akan memperbesar kemungkinan tubuh tetap sehat hingga tua. Apa saja sih gaya hidup yang bisa dilakukan remaja untuk mengupayakannya?

Berikut ini adalah gaya hidup yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan oleh para remaja untuk menjaga kesehatannya di masa tua:

  1. Harus dihindari:

Tidur larut malam bagi para remaja sepertinya sudah menjadi hal yang biasa. Menggunakan waktunya untuk belajar, bermain game, nongkrong dengan teman merupakan kebiasaan remaja yang harus dikurangi agar tidak mengambil waktu tidurnya. Saat tidur tubuh melakukan regenerasi sel yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan. Biasakan tidur antara 6 hingga 8 jam per hari untuk memiliki tubuh yang sehat baik fisik maupun mental.

  • Minum minuman keras dan merokok.

Miras dan rokok merupakan racun yang sayangnya sering dikonsumsi oleh manusia khususnya mereka yang masih muda. Jika ingin ginjal sehat sampai tua, hindari miras dan rokok.

  • Terlalu lama memandang gadget.

Penggunaan gadget baik smartphone hingga laptop merupakan gaya hidup saat ini. Namun Anda perlu membatasinya untuk menjaga kesehatan mata bahkan syaraf di bagian jari tangan. Bagi mereka yang suka bermain game, jangan lupa mengistirahatkan mata dan jari setelah bermain selama 20 menit.

Generasi rebahan muncul di era digital seperti sekarang. Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa aktifitas fisik membuat banyak orang justru menjadi malas bergerak. Lakukan olahraga atau pekerjaan rumah untuk membuat otot tetap aktif dan terlatih. Dengan bergerak jantung akan lebih sehat dibandingkan jika Anda hanya menghabiskan waktu rebahan saja.

  • Junk food.

Terlalu banyak dan sering mengonsumsi junk food juga bisa menjadi penyebab berbagai jenis penyakit seperti hipertensi, obesitas, diabetes dan kolesterol tinggi. Penyakit ini akan berakumulasi di masa tua menjadi penyebab masalah jantung coroner hingga gagal ginjal. Jangan makan junk food berlebihan dan imbangi dengan makan makanan bergizi seimbang.

 

  1. Gaya hidup sehat yang harus dilakukan:

Anak remaja harus aktif berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Olahraga secara rutin minimal 2 kali seminggu bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan misalnya bermain sepak bola, angkat beban di gym, senam dan sebagainya.

  • Makan makanan bergizi seimbang

Di usia remaja harus mulai dibiasakan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Perbanyak buah dan sayuran untuk menyuplai kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. Selain itu mulai biasakan makan dengan sedikit garam dan tanpa bumbu penyedap berlebihan. Kurangi makan makanan yang dibakar karena dapat memicu tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

  • Tambah wawasan seputar kesehatan.

Anda juga harus menambah wawasan seputar kesehatan untuk mendapatkan informasi yang tepat tentang bagaimana cara mendapatkan tubuh sehat. Wawasan yang tepat juga akan membantu Anda memiliki berbagai produk kosmetik atau suplemen dengan tepat. Hindari menggunakan produk kesehatan yang belum memiliki ijin edar atau yang menjanjikan perubahan dalam waktu singkat.

  • Kelola aktivitas dan stress.

Masa muda memang masa penuh kegiatan baik untuk sekolah, kuliah, keluarga maupun sosial. Anda harus bisa mengelola semuanya dengan baik termasuk untuk menghindari stress. Kesehatan mental juga perlu diperhatikan sedari remaja untuk masa tua yang bahagia dan bebas dari trauma.

Itulah beberapa gaya hidup sehat yang bisa mulai diterapkan oleh anak remaja untuk membantu mengupayakan tubuh yang sehat di masa tua. Masih banyak cara merawat tubuh lainnya yang perlu dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Jangan lupa memeriksakan kondisi kesehatan di kala sakit agar kembali sehat dan bisa beraktivitas.

Sumber Bacaan: https://ilovelife.co.id/blog/life/

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *