Pendidikan

Peluang Besar Kuliah Data Science

Banyak sekali industri yang membutuhkan lulusan data science, berdasar pada riset yang beredar bahwa kebutuhan sumber daya manusia di bidang tersebut mencapai dua juta jiwa. Itulah mengapa pekerjaan terkait ilmu data menempati ranking pertama dari 10 profesi yang paling dicari.

Mengapa Kuliah Data Science Adalah Peluang Besar?

  1. Menjadi Data Scientist

Profesi dengan tugas menggabungkan beberapa data rumit menjadi suatu pola adalah data Scientist. Pastinya data tersebut berasal dari berbagai macam sumber sehingga data Scientist UBM harus memastikan konsistensi data set yang ada di dalamnya.

Seorang data Scientist juga harus ahli dalam pemilihan algoritma dan membuat infografis secara tepat. Dengan begitu para pengambil keputusan mudah dalam proses memprediksi, mengembangkan bisnis dan memahami data yang ada di dalamnya.

Adapun kemampuan dari dasar data science itu sendiri tentu wajib dikuasai oleh data scientist antara lain statistik, pengetahuan bisnis dan pemrograman. Dengan kemampuan seperti itu data Scientist dapat dengan mudah menghasilkan data produk sesuai dengan kebutuhan calon para konsumen.

Terdapat juga tugas rumit yang memang harus dituntaskan oleh data scientist, hal tersebut memang harus selaras dengan penghasilannya. Adapun rata-rata penghasilan dari data tersebut bisa mencapai 10 juta per bulannya. Tentu merupakan hasil yang cukup besar untuk seorang data Scientist.

  1. Menjadi Data Analyst

Data selanjutnya adalah data analyst yang mempunyai tugas yakni untuk menerjemahkan data agar dapat dengan mudah diolah oleh perusahaan. Adapun hasil pengolahan data tersebut dipakai untuk memperbaiki proses manajemen perusahaan agar perusahaan mampu meningkatkan kredibilitas.

Dengan meningkatkan kredibilitas dan keuntungan tentu diperlukan sesuatu untuk mendukung pekerjaan tersebut. Hal ini karena data analyst perlu menguasai ilmu statistik dan operasi bisnis. Orang yang mempunyai keahlian dalam bidang ini juga harus memahami bahasa pemrograman.

Data analyst juga harus mampu untuk menampilkan data ke bentuk visual ataupun grafik, yang mana memang harus dapat dibaca dan dipahami oleh seorang awam sekalipun. Lulusan data science juga dibayar berdasar pada pengalaman dan kebijakan perusahaan.

  1. Business Analyst

Seorang business Analyst tentu mempunyai tugas utama yakni menganalisis dan melakukan pemeriksaan kebijakan suatu organisasi. Adapun hasil pekerjaannya sangat berpengaruh terhadap produktivitas, profitabilitas, dan tingkat efisiensi manajemen organisasi yang dijalani.

Solusi juga harus ditemukan oleh seorang analis bisnis, terkait berbagai macam permasalahan dalam organisasi atau perusahaan. Tujuannya adalah agar manajemen dapat mengembangkan bisnis secara cepat, untuk analis bisnis yang handal anda memang harus menguasai keterampilan kepemimpinan.

Bussines analyst juga harus sanggup dalam pembuatan perencanaan, penyusunan informasi serta pengambilan keputusan yang sesuai. Adapun tanggung jawab seorang business Analyst ternyata memang sepadan dengan gajinya karena dalam satu tahun anda dapat mendapat gaji milyaran rupiah.

  1. Data Engineer

Peluang besar kuliah data science selanjutnya adalah data enginer, dengan kuliah data science anda akan menjadi data engineer. Data engineer adalah seorang yang ahli dalam pembuatan dan pengembangan rancangan arsitektur manajemen data, juga pemantauan infrastruktur organisasi.

Apabila anda menjadi seorang data engineer maka harus bertanggung jawab penuh atas pengelolaan jalur data di perusahaan. Baik dalam pengumpulan, pengambilan, serta pemrosesan data dalam jumlah besar sepenuhnya menjadi wewenang anda. Itulah mengapa harus ahli dalam kelola big data.

Tugas seorang data engineer memang cukup berat, adapun gaji pekerjaan ini juga relatif tinggi. Apabila anda bekerja di perusahaan dalam negeri maka gaji terendahnya tentu sekitar puluhan jutaan, tentu untuk perusahaan asing jauh lebih tinggi perbulannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *