Bisnis

Rekomendasi Kerja Sampingan Terbaik Bagi Mahasiswa

Bagi yang masih berstatus sebagai mahasiswa bisa untuk mendapatkan penghasilan dengan mengambil kerja sampingan. Akan tetapi pastikan bahwa kerja tersebut tidak akan mengganggu waktu kuliah yang dipunyai. Sehingga tetap bisa menjaga prestasi tetapi juga bisa mendapatkan penghasilan dari pekerjaan yang dipunyai tersebut. Dengan mempunyai sampingan tersebut juga bisa membantu untuk mempunyai pengalaman tambahan sebelum masuk ke dunia kerja. Di mana untuk jenis pekerjaan sampingan yang cocok bagi mahasiswa tanpa mengganggu tugas dan praktik kuliah adalah sebagai berikut:

  1. Youtuber

Sampingan pertama yang bisa dilakukan sekarang ini adalah menjadi Youtuber atau juga konten kreator. Anda bisa untuk menjadi konten kreator yang cocok bagi mahasiswa seperti kisah sukses yang dipunyai oleh Jereme Polin misalnya yang memulai karir di Youtube ketika masih mahasiswa di Jepang. Isi kontennya juga masih berkisar mengenai kehidupan mahasiswa di Jepang dan mengajarkan mengenai banyak ilmu Matematika sesuai dengan jurusannya. Bagi Anda yang masih mahasiswa bisa untuk mencontoh hal tersebut dengan membuat konten seputar jurusan, kampus, ataupun kehidupan mahasiswa yang berwarna-warni. Tidak hanya sebagai Youtuber, tetapi juga sebagai konten kreator yang bisa membuat konten yang dipost di sosial media.

  1. Jualan online

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan bagi mahasiswa yang ingin kerja sampingan  tetapi mempunyai waktu yang cukup untuk belajar, berkumpul dengan teman, dan juga mendapatkan penghasilan adalah dengan berjualan online. Banyak mahasiswa yang menjajaki bisnis sebelum lulus karena mempunyai banyak ide dan juga teman yang banyak. Salah satunya bisa untuk jualan online dengan produk yang dibutuhkan oleh mahasiswa lainnya ataupun target pasar yang sesuai dengan produk yang ingin dijual. Sehingga dengan berjualan online tersebut akan membantu untuk mendapatkan tampilan penghasilan yang bisa digunakan untuk uang jajan.

  1. Penulis freelance

Mahasiswa juga bisa untuk mendapatkan kerja sebagai freelancer yang sangat cocok untuk menjadi karir. Bagi yang mempunyai kesukaan untuk menulis bisa mulai untuk mencari referensi tulisan yang bisa untuk dijual dan mendapatkan penghasilan. Anda juga bisa mengikuti training yang tersedia sehingga bisa meningkatkan kemampuan untuk menjadi penulis. Dengan mempunyai kemampuan tersebut akan membantu untuk menambah skill yang dipunyai sehingga akan bermanfaat juga ketika sudah masuk ke dunia kerja. Utamanya bagi Anda yang sudah mahasiswa semester akhir yang sudah tidak mempunyai jadwal kuliah dan tugas yang padat bisa untuk mencoba pekerjaan yang satu ini untuk menambah uang jajan.

  1. Fotografer dan videografer

Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan adalah dengan menjadi fotografer dan videografer. Bagi Anda yang mempunyai hobi untuk memfoto dan juga membuat video bisa memanfaatkannya untuk menawarkan kemampuan yang dipunyai tersebut untuk bekerja sampingan pada event sehingga mendapatkan cuan. Terutama event-event yang banyak diadakan kampus sehingga membutuhkan dokumentasi, sehingga bisa menjadi tambahan Anda sekaligus bisa untuk mengembangkan kemampuan fotografi dan videografi yang akan berguna untuk masa depan.

Selain kerja sampingan di atas, masih banyak lainnya pekerjaan sambilan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa yang tidak perlu takut akan mengganggu waktu kuliah. Utamanya dengan adanya banyak pekerjaan yang waktu kerjanya fleksibel seperti juga menjadi agen Moladin yang juga menawarkan penghasilan yang lumayan bisa didapatkan oleh mahasiswa. Syarat menjadi agen Moladin tersebut juga mudah dengan pekerjaan yang memberikan komisi untuk menambah uang jajan bagi mahasiswa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *